Tuesday, July 27, 2010

BUAT KEPUTUSAN AGAR ANDA PROFESIONAL ?


Ismet Ali (*) Master Coach Soft Skills

Hidup tanpa Keputusan
Pernahkah anda merasakan bagaimana rasanya hidup tanpa keputusan ? Misalnya setelah anda mengikuti suatu interview seleksi karyawan pada suatu perusahaan. Setelah itu tidak ada keputusan dari perusahaan itu apakah menerima atau menolak anda. Anda harus menunggu tanpa kepastian ? Kehidupan tanpa keputusan ini tentu tidak nyaman,karena tanpa kepastian.

Sebenarnya setiap saat dalam kehidupan kita setiap hari adalah hasil keputusan (Decision Making) . Misalnya, setelah bangun tidur jam 6 pagi kita harus apa? Apakah harus mandi dulu atau harus makan dulu?. Walaupun kegiatan ini sederhana, namun tetap membutuhkan keputusan. Jika kita tidak membuat keputusan maka kita tidak akan makan ataupun mandi sampai jam 8 pagi. Akibatnya kita akan terlambat sampai di kampus ataupun di kantor.

Setelah kita mampu membuat keputusan, maka tahap yang penting berikutnya adalah bagaimana membuat keputusan benar dan salah. Bila kita membuat keputusan yang salah biasanya kita akan kehilangan kekuatan moral dan menurunkan kepercayaan diri (Self Confidence) kita untuk bisa berperan sebagai seorang professional. Karir dan masa depan menjadi tidak pasti. Sebaliknya, bila kita membuat keputusan yang benar, akurat dan cepat maka kita akan mendapatkan kepuasan dan lebih percaya diri

Membuat Keputusan tidak Sulit
Agar kehidupan kita menjadi lebih pasti maka kita harus mampu membuat keputusan bagi hidup dan profesionalisme kita. Semakin tepat dan cepat kita membuat keputusan maka semakin pasti kita menentukan arah kehidupan yang kita inginkan. Untuk itu kita perlu tahu cara yang mudah membuat keputusan.

Pertama; mengenali faktor pendorong kepentingan yang berasal dari nilai (Values) dan keyakinan (Beliefs) yang ada didalam hati nurani kita. Nilai dan keyakinan yang berada dalam hati adalah yang tidak terbantahkan. Misalnya, kalau kita curang, maka lambat atau cepat orang lain akan tahu dan kita akan merasakan penderitaannya. Oleh karena itu kita tidak akan mampu membuat keputusan benar bila didalamnya terkandung kecurangan,karena itu bertentangan dengan hati nurani dan keyakinan kita.

Kedua; Kita harus mempunyai gambaran jelas mengenai tujuan hidup dan profesionalisme yang kita inginkan. Bila kita mempunyai gambaran jelas mengenai hal ini maka kita akan mudah membuat keputusan yang benar, akurat dan cepat.
Ketiga, Kita harus mampu membuat keputusan saat ini juga. JIka tidak maka orang lain akan membuat keputusan untuk hidup kita. Keputusan orang lain tentu akan lebih menguntungkan nilai dan keyakinan orang tersebut. Akibatnya, mereka akan menggiring kita kepada pencapaian sasaran dan tujuan hidup mereka. Tujuan hidup kita tidak tercapai, bahkan bisa kehilangan keyakinan mencapai tujuan hidup kita. Kehilangan keyakinan berarti kehilangan kebahagian hidup kita.

Guna mengendalikan hidup secara benar, maka kita perlu membuat keputusan mengenai
hidup kita sekarang juga. Selanjutnya mengetahui bahwa keputusan itu dapat membantu kita mencapai target kehidupan dan target professional kita.
Jangan pernah takut membuat keputusan. Keputusan yang benar terjadi setelah kita membuat keputusan salah. Kita perlu selalu berlatih mengambil keputusan. Motivator Tony Robbin mengatakan: ketika kita membuat keputusan maka kita mempunyai kejelasan dalam hidup. Kemampuan membuat keputusan merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki agar seseorang mampu menjadi profesional.


(Tulisan ini telah diterbitkan di Rubrik Kiat Menjadi Profesional dalam Harian JogloSemar pada 23 Mei 2010)

No comments:

Post a Comment