Monday, July 26, 2010

Mau Wisuda tapi Takut Menganggur


Metta Paramita

Psikolog SDM


Dear JOGLOSEMAR, Saya membaca tulisan Bp. Ismet Ali pada tanggal 2 Mei yang lalu tentang “Buat apa kuliah : Sarjana tapi menganggur? Bagaimana setelah wisuda nanti saya tidak menganggur? Soft skills apa yang cocok untuk lulusan teknik seperti saya ? Tks YN, T.Kimia – UMS

Jawaban :

Terimakasih saudara YN atas pertanyaannya. Saya ucapkan selamat atas kelulusannya.

Penyelesaian secara Soft Skills; Pertama, kenali kompetensi anda sebagai seorang sarjana teknik kimia. Anda harus bisa memilih satu saja dari sekian banyak mata kuliah yang paling dapat anda kerjakan untuk menjadi modal kerja nantinya. Kedua, buka jaringan komunikasi selebar dan seluas mungkin. Jadikan ajang tersebut untuk menjual kompetensi anda. Ketiga, jika anda punya hobi, tambahkan 2 hobi lagi yang harus anda lakukan yaitu membaca dan mengikuti kursus.

Dari membangun hobi membaca, anda akan mendapatkan pengetahuan dan informasi baru yang dapat anda jadikan bekal untuk bergaul dengan orang lain. Melalui kursus, misalnya, jika anda merasa kurang mampu berkomunikasi di hadapan orang banyak, ikuti kursus presentasi. Atau jika anda ingin mengembangkan soft skills, ikuti kursus Soft Skills. Pembelajaran bersama para trainer profesional, anda akan mendapatkan ilmu dan ketrampilan praktis yang dapat anda gunakan untuk memasuki dunia kerja nantinya.

Namun jika anda mau langsung bekerja, fokuskan pada pekerjaan yang bidang profesinya sesuai dengan latarbelakang anda. Jangan dulu berpikir jabatan tinggi atau gaji besar, tes dulu apakah kompetensi yang anda dapatkan selama di bangku kuliah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tempat anda bekerja. Untuk naik ke tangga yang lebih tinggi anda memang harus mulai dari tangga pertama. Baru kemudian tingkatkan kompetensi anda (misalnya ikut kursus manajemen) yang nantinya akan berdampak pada pendapatan anda.

Jangan lupa buat target harian setelah anda di wisuda agar kehidupan anda setiap harinya tidak sia-sia dan percuma.

Selamat berkarya dan sukses menembus dunia kerja !


(Tulisan ini telah diterbitkan dalam Rubrik Konsultasi Soft Skills di Harian JogloSemar pada 12 Mei 2010)


No comments:

Post a Comment