Monday, July 26, 2010

Kuliah mau apa ya ?


Metta Paramita

Psikolog SDM


JogloSemar yang baik,

Saya baru keterima di Psikologi UGM. Apa yang musti saya lakukan, supaya selama kuliah nanti tidak sia-sia ya ?

Terimakasih, Vina – Semarang

Jawaban :

Mb. Vina, selamat ya anda diterima di Psikologi UGM, pasti senang dan lega rasanya, dimana teman-teman lain masih sulit mendapatkan kuliah yang cocok.

Kuliah adalah wadah awal (laboratorium dini) dimana anda dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan diri (atau istilahnya mengasah kompetensi manajerial anda). Merujuk pada istilah kompetensi yang terdiri dari elemen Pengetahuan (knowledge), Ketrampilan (skill) dan Sikap (Attitude), Nah, di bangku kuliah nanti anda bisa mendapatkan 2 jenis kompetensi. Yaitu kompetensi teknikal sebagai mahasiswa Psikologi (misalnya: anda akan belajar berbagai macam tes psikologi) dan kompetensi manajerial (misalnya, anda akan belajar berorganisasi atau teamwork).

Caranya, pertama, di bangku kuliah nanti, anda akan berinteraksi dengan siapa pun, apakah teman kuliah, teman dari fakultas yang berbeda, dosen, staf/ karyawan kampus hingga ibu kantin atau tukang fotokopi. Melalui mereka, anda bisa belajar banyak dan mengambil manfaatnya. Kedua, salurkan hobi anda ke unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di kampus. Jika anda belum punya hobi, cobalah untuk menjajaki UKM-UKM tersebut, cari info mengenai mereka, ikuti kegiatannya, pasti anda akan menemukan mana diantara UKM tersebut yang cocok dengan diri anda.

Jika anda menekuni kegiatan ini dengan fokus dan komitmen yang baik, anda akan menemukan talent (bakat) anda sebagai modal kerja nantinya. Keseharian kuliah anda pun akan berwarna dan tidak menjemukan. Buat prestasi setiap hari melalui hal-hal kecil tapi nyata. Tabunglah hasil prestasi harian anda, yang pada saatnya tiba nanti, anda akan menjadi seorang sarjana dengan kompetensi akademik dan manajerial yang bagus.

Selamat Kuliah dengan selalu mengasah Soft Skills anda !

(Tulisan ini telah diterbitkan di Rubrik Konsultasi Soft Skills dalam Harian JogloSemar pada 19 Mei 2010)

No comments:

Post a Comment