Wednesday, August 25, 2010

Berapa Gajiku ?


Metta Paramita

Psikolog SDM


Tanya :

Saya kuliah tapi pengen kerja juga, tapi belum ada pengalaman. Jika saya nanti melamar kerja, bingung bagaimana harus menjawab kalau ditanya masalah gaji.

081 329 003 XXX

Jawab :

Terimakasih atas pertanyaannya. Saya salut dengan mahasiswa yang punya keinginan untuk mandiri seperti anda. Memang biasanya, jika kita melamar ke suatu perusahaan atau organisasi, mereka akan menanyakan masalah gaji. Namun jangan khawatir walaupun anda belum memiliki pengalaman dalam bekerja (seperti yang diutarakan) anda tetap berhak untuk mendapatkan gaji sesuai dengan kompetensi anda dalam menunjang pekerjaan yang akan dijalani nanti.

Mari kita pahami dulu perbedaan antara gaji, upah dan insentif (istilah lainnya: kompensasi), agar tidak salah pada saat anda melakukan penawaran dengan perusahaan tempat anda kerja kelak. Gaji adalah imbalan finansial yang dibayarkan kepada karyawan atau pekerja secara teratur, seperti tahunan, caturwulan, bulanan atau mingguan. Berbeda dengan upah, yang merupakan imbalan finansial langsung yang dibayarkan kepada para pekerja berdasarkan; jam kerja, jumlah barang yang dihasilkan atau banyaknya pelayanan yang diberikan. Sedangkan insentif merupakan imbalan langsung yang diberikan kepada karyawan karena kinerja melebihi standar yang ditentukan.

Pemberian kompensasi pada suatu perusahaan ini biasanya didasarkan pada UMR (upah minimum regional sesuai dengan kota dimana anda melamar), “harga” pasar (market anchor) atau kebijakan perusahaan. Karenanya, anda harus mendapatkan informasi mengenai perusahaan yang anda akan lamar bagaimana penentuan gaji mereka.

Jika anda merasa belum memiliki pengalaman dalam bekerja, anda harus membuat daftar kegiatan ketika anda kuliah selama ini apakah pernah mengikuti organisasi kampus atau organisasi pemuda di tempat tinggal anda. Pengalaman dalam berorganisasi ini dapat menjadi referensi bagi perusahaan untuk menilai bahwa anda cukup mampu dalam manajemen ; waktu, sumberdaya, ataupun manajemen sumberdaya manusia. Hal penting yang harus di “jual” dalam penawaran gaji adalah kompetensi anda, yaitu ; pengetahuan (ilmu apa yang dapat anda bagi sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan), ketrampilan (hal apa yang dapat anda lakukan melalui ketrampilan) dan sikap kerja (tunjukkan bahwa anda memiliki sikap kerja yang baik, seperti; kejujuran, kerja keras, disiplin, dansebagainya.

Semoga sukses dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi anda, dan selamat mengasah Soft Skills anda !

(Tulisan ini telah diterbitkan di Rubrik Konsultasi Soft Skills dalam Harian JogloSemar)


No comments:

Post a Comment