Thursday, August 19, 2010

Stresskah Saya ?



Metta Paramita
Psikolog SDM





Tanya :
Sekarang ini saya kuliah sambil kerja dengan maksud untuk meringankan beban orangtua. Awal kerja menyenangkan, tapi lama-lama sepertinya saya kok stress ya. Apa iya saya stress karena kerjaan atau karena saya tidak bisa membagi waktu ?
NT - Yogyakarta

Jawab :
Saya salut atas kemandirian anda yang tidak ingin membebani orangtua dengan berbagai macam biaya hidup, sehingga anda memutuskan kuliah sambil kerja. Namun jika anda merasa sedang “stress kerja”, mari kita pahami dulu apa itu stress kerja dan benarkah anda memang sedang mengalaminya.
Stress kerja dapat diartikan sebagai segala kondisi pekerjaan (termasuk lingkungan pekerjaan anda) yang dipersepsikan oleh si karyawan sebagai suatu tuntutan dan dapat menimbulkan stres kerja, yang pada akhirnya menyebabkan reaksi pada individu berupa reaksi fisiologis, psikologis, dan perilaku.
Penyebab stres kerja bisa bervariasi antara lain : dari dalam diri anda sendiri seperti ketidakpercayaan diri, ada konflik pribadi, atau kurangnya kebersamaan dalam grup (misalnya kebersamaan dengan rekan kerja anda. Sedangkan penyebab dari dalam lingkungan kerja sendiri seperti; perubahan kebijakan organisasi, struktur organisasi, keadaan fisik dalam organisasi, dan proses yang terjadi dalam organisasi.
Jika anda merasa sedang mengalami stress kerja, coba cek apakah anda memiliki gejala seperti berikut ini. 1). Gejala Psikologis, seperti ; cemas, tegang, mudah tersinggung, sensitif, komunikasi yang tidak efektif, bosan, kehilangan konsentrasi, hilang kreativitas atau menurunnya rasa percaya diri. 2).Gejala Fisiologis, seperti ; meningkatnya denyut jantung, gangguan lambung, kelelahan secara fisik, sakit kepala, gangguan tidur. Atau yang ke 3). Gejala Perilaku seperti ; menghindari pekerjaan, menurunnya prestasi kerja (performance) dan produktivitas kerja.
Lalu, bagaimana mengatasinya apabila ternyata memang kita mengalami stress kerja ? Berikut beberapa tips agar anda mampu mengatasi stress kerja dan tetap berprestasi dalam pekerjaan anda ; 1). Jaga kondisi badan anda sebaik mungkin (konsumsi lebih banyak buah, sayur, vitamin dan cukup tidur), 2). Usahakan selalu melakukan tindakan positif dalam pekerjaan anda, 3). Peliharalah hubungan baik dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, agar anda memiliki teman “curhat’, 4). Salurkan hobi anda, 5). Jangan lupa selalu tersenyum jika anda menghadapi masalah dan yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.
Selamat mengasah Soft Skills anda agar selalu berprestasi dalam bekerja !
(Tulisan ini telah diterbitkan di Rubrik Konsultasi Soft Skills dalam Harian JogloSemar)

No comments:

Post a Comment