Friday, August 20, 2010

Emosi yang Cerdas


Metta Paramita
Psikolog SDM

Tanya :
Salam kenal. Saya sudah bekerja dan naik jabatan 2bulan lalu. Herannya, seteleh naik jabatan saya lebih sering marah-marah. Bagaimana mengelola emosi say di tempat kerja ?
TN – Semarang

Jawab :
Selamat atas kenaikan jabatan anda. Memang terkadang ketika anda naik jabatan dibarengi dengan besarnya resiko kerja dan tanggungjawab yang harus anda pikul, sehingga terkadang anda menjadi sensitif dan mudah sekali terpancing emosi.
Membahas soal pengelolaan emosi maka sangat erat kaitannya dengan pengelolaan kecerdasan emosi itu sendiri. Kecerdasan Emosi atau Emotional Quotation (EQ) meliputi kemampuan mengungkapkan perasaan, kesadaran serta pemahaman tentang emosi dan kemampuan untuk mengatur dan mengendalikannya. Jadi orang yang cerdas secara emosi bukan hanya memiliki emosi atau perasaan-perasaan, tetapi juga memahami apa artinya.
Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, kemampuan seseorang menangani beban kerja, stres, interaksi sosial, pengendalian diri, menjadi kunci penting dalam keberhasilan. Seseorang yang sukses dalam pekerjaan biasanya adalah orang yang mampu mengelola dirinya sendiri, memotivasi diri sendiri dan orang lain, dan secara sosial memiliki kemampuan dalam berinteraksi secara positif dan saling membangun satu sama lain. Dengan cara ini orang tersebut akan mampu berprestasi baik sebagai seorang individu maupun tim.
Cara paling awal untuk mengelola emosi adalah dengan mengenali emosi diri Anda ketika terjadi. Kenali apa saja yang berkecamuk dalam dada Anda dan suara-suara yang memerintahkan Anda untuk bertindak. Tahapan berikutnya adalah melakukan kontrol diri terhadap berbagai bentuk emosi yang ada. Bagaimana Anda mengendalikan diri ketika marah, tidak terpuruk ketika merasa kecewa, mampu memotivasi diri dan bangkit ketika tertekan, menetapkan target kerja, serta bisa menerima keberhasilan maupun kegagalan dengan lapang dada.
Langkah selanjutnya adalah melatih empati anda sehingga bisa memberi respon yang tepat terhadap sinyal-sinyal emosi yang ditampilkan orang lain. Cerdas secara emosional akan membantu Anda pada tahap awal untuk mengenali diri dengan lebih baik, sekaligus bersikap positif dan melatih kematangan menghadapi kehidupan, apapun yang terjadi: susah atau senang, sukses atau gagal, mudah atau sulit, anda akan mampu mengelolanya dengan baik.
Selamat mengaplikasikan kecerdasan emosi anda dengan selalu mengasah Soft Skills anda !

(Tulisan ini telah diterbitkan di Rubrik Konsultasi Soft Skills dalam Harian JogloSemar)

No comments:

Post a Comment