Thursday, August 19, 2010

Lolos Wawancara Kerja


Metta Paramita

Psikolog SDM


Tanya :
Saya seorang sarjana syari'ah, bagaimana sikap kita sebenarnya waktu tes wawancara yang benar?NN, 085 727 374 XXX
Jawab :
Wawancara kerja saat ini merupakan salah satu aspek penting dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Bagi anda sebagai pelamar, wawancara kerja memberikan kesempatan kepada anda untuk menjelaskan secara langsung pengalaman, pengetahuan, dan ketrampilan yang anda miliki untuk meyakinkan perusahaan bahwa anda layak untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan. Jika di dalam CV (Curriculum Vitae) anda bisa mengklaim bahwa anda memiliki kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang baik, maka dalam wawancara anda diberi kesempatan untuk membuktikannya.
Supaya anda tidak gugup atau grogi dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara, jawablah pertanyaan wawancara dengan menyusun jawaban mencakup 4 (empat) hal, yaitu : (1) menggambarkan situasi yang terjadi saat itu, (2) menjelaskan tindakan-tindakan yang diambil untuk merespon situasi yang terjadi, (3) menceritakan hasil yang dicapai, dan (4) apa hikmah yang dipetik dari kejadian tersebut (apa yang dipelajari).
Berikut tips menjalani wawancara kerja :
§ Pastikan anda sudah tahu tempat wawancara
§ Gunakan pakaian yang bersifat formal, bersih dan rapi
§ Usahakan untuk tiba 10 menit lebih awal, jika terpaksa terlambat karena ada gangguan di perjalanan segera beritahu perusahaan (pewawancara)
§ Ucapkan salam (selamat pagi / siang / sore) kepada para pewawancara dan jabatlah tangan dengan erat (tidak terlalu keras namun tidak lemas)
§ Tetaplah berdiri sampai anda dipersilakan untuk duduk. Duduk dengan posisi yang tegak dan seimbang
§ Persiapkan surat lamaran dan CV anda
§ Lakukan kontak mata dengan pewawancara
§ Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan anda pada jabatan yang dilamar dan pada perusahaan
§ Gunakan bahasa formal, bukan prokem atau bahasa gaul
§ Tunjukkan energi dan rasa percaya diri yang tinggi
§ Tunjukkan apa yang bisa anda perbuat untuk perusahaan bukan apa yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda
§ Ucapkan banyak terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada anda.

Selamat mengasah Soft Skills anda agar sukses mensiasati wawancara kerja !
(Tulisan ini telah diterbitkan di Rubrik Konsultasi Soft Skills dalam Harian JogloSemar)

No comments:

Post a Comment